Wednesday 30 March 2011

no free lunch

No Free Lunch
Suku Eskimo di kutub utara memiliki cara yang unik tetapi kurang “berperikebinatangan” dalam membunuh serigala. Suku Eskimo biasanya menyiapkan pisau yang sangat tajam, merendamnya dalam darah, lalu membuatnya beku. Selanjutnya mereka menguburkan gagang pisau tersebut dengan bagian yang tajam berlumur darah beku menghadap ke atas.
            Serigala yang tertarik dengan bau darah, lalu datang mendekati dan mulai menjilat darah di pisau tersebut. Udara dingin membuat lidah serigala kebas, sehingga ia tidak sadar sedang menjilati pisau tajam. Ketika lidahnya sendiri mulai berdarah, serigala menjilat lebih cepat lagi, sehingga darahnya makin banyak keluar, yang akhirnya membuatnya mati karena kehabisan darah.
Dalam dunia keuangan dan investasi dikenal istilah “no free lunch” tidak ada yang gratis. Berhati-hatilah terhadap yang kelihatannya mudah dalam mendapatkan keuntungan. Tidak ada imbal hasil besar tanpa diimbangi resiko dibaliknya.
            Demikian juga dalam kehidupan sehari-hari, kita harus berhati-hati terhadap segala sesuatu yang terlihat sangat musa, instan, gratis atau menjanjikan kenikmatan dan kemudahan sejenak, sangat mungkin tersimpan resiko yang harus diwaspadai di belakangnya. Godaan minuman keras, narkoba, free seks, dll adalah sedikit contoh betapa kenikmatan sesaat begitu mudah memikat generasi muda.
            Percayalah dalam kebanyakan kasus di kehidupa kita sehari-hari, kita harus berusaha secara keras dan cerdas, baru berhak mendapatkan apa yang  kita inginkan.

No comments:

Post a Comment